WeCreativez WhatsApp Support
Silakan Pilih Tim Support Kami sesuai Kebutuhan Anda, Dengan Senang Hati Kami Melayani Anda.
Hi, how can I help?

Tips Mencegah DBD di Musim Hujan

Musim

Halo, Sahabat Niagakita!

Di saat musim hujan datang, muncul beberapa penyakit musiman yang datangnya berbarengan dengan musim hujan. Salah satunya adalah Demam Berdarah Dengue atau lebih biasa dikenal dengan singkatan DBD. Orang bisa terkena penyakit DBD karena digigit atau ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegypti.

Berdasarkan kutipan dari Kompas.com, menurut Prof. dr. Saleha Sungkar, DAP&E, MS, Sp.ParK, yang merupakan Ahli Parasitologi dari Fakultas Kedoktean UI, mengatakan bahwa DBD biasanya datang di awal dan di akhir musim hujan, karena di saat pertengahan musim dimana intensitas hujannya besar, nyamuk justru menghilang.

Hal itu bisa dilihat dengan adanya genangan-genangan yang ada ketika hujan datang dengan intensitas yang rendah. Sehingga nyamuk dengan jenis Aedes Aegypti akan mudah berkembang biak. Sedangkan ketika hujan dengan intensitas tinggi dan kadang disertai dengan angin kencang, nyamuk justru kebanyakan menghilang karena tidak bisa bersarang dan bertelur.

“Kalau hujan kecil, wadah-wadah atau kontainer seperti cekungan di pohon, berbagai jenis daun, misalnya daun pisang, semak-semak belukar, talang rumah, ember, atau gelas yang tidak terpakai di tumpukan sampah itu berpotensi terisi air, menggenang, dan nyamuk suka bersarang dan bertelur di sana,” kata Prof. dr. Saleha, mengutip dari Kompas.

Masih menurut Prof. dr, Saleha, untuk mencegah penyebaran DBD, sebenarnya yang bisa kita lakukan adalah mencegah faktor risiko yang dapat muncul yaitu berkembang biaknya nyamuk di sekitar rumah kita. Oleh sebab itu, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mencegah DBD serta kehadiran nyamuk Aedes Aegypti tersebut, yaitu :

– Pangkas semak-semak di sekitar rumah.

– Hindari pembuatan wadah yang tidak terpakai, yang dapat menjadi genangan air saat hujan.

– Menguras bak mandi secara berkala.

– Waspadai pepohonan yang rimbun.

– Jangan biarkan ruangan rumah berantakan terutama kamar tidur.

– Jaga kebersihan rumah.

– Memelihara ikan di tempat penampungan air.

Sebagai tambahan, pemeliharaan ikan di tempat penampungan air berfungsi untuk memakan jentik-jentik nyamuk. Namun, disarankan agar tidak menaruh ikan di bak mandi maupun di tempat dimana airnya dipakai untuk memasak. Karena kualitas air akan berubah menjadi amis. Sebagai tambahan pula, menurut dr. Saleha, jangan menaruh lebih dari satu ikan di satu wadah, kecuali ikan yang dipelihara adalah ikan dengan jenis berkelompok yang bertubuh kecil.

Demikian artikel tentang Tips Mencegah DBD di Musim Hujan. Untuk Sahabat Niagakita, jangan lupa untuk mengikuti kami di Facebook Niagakita dan mengunjungi website kami untuk mendapatkan artikel-artikel yang menarik setiap harinya. Kami juga menjual berbagai macam alat-alat pertanian seperti genset, traktor, diesel dan sparepart.

Salam, Niagakita!

Referensi : Kompas

Kunjungi Kami di :

Website     : Niagakita     |     Bukalapak   : Niagakita     |     Tokopedia   : Niagakita

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *