WeCreativez WhatsApp Support
Silakan Pilih Tim Support Kami sesuai Kebutuhan Anda, Dengan Senang Hati Kami Melayani Anda.
Hi, how can I help?

Kepikiran Tidak? Kenapa Petir dan Guntur Tidak Datang Bersama

kenapa petir tidak datang bareng dengan suara guntur

Halo, Sahabat Niagakita!

Pada saat hujan turun, pasti kamu pernah melihat kilatan petir yang kemudian diikuti oleh suara guntur yang menggelegar. Hal ini tentu merupakan hal yang wajar, apalagi ketika hujan terjadi dengan lebatnya. Namun, pernahkah kamu berfikir kenapa suara guntur baru terdengar beberapa detik setelah kilatan petir muncul? Mengapa keduanya tidak datang secara bersamaan? Nah, di artikel akli ini kami akan menjelaskan pada kamu mengapa kilatan petir tidak muncul secara bersamaan dengan suara guntur.

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa petir adalah suatu percikan listrik berukuran besar di atmosfer yang berada di antara awan, udara maupun tanah, sehingga petir dapat muncul di awan badai, awan biasa dan juga di tanah atau di darat. Petir terjadi karena suatu kondisi dimana terjadi pelepasan listrik dari satu awan ke awan lainnya maupun ke tanah. Ketika muatan positif dan muatan negatif yang berada di antara awan dengan awan lainnya atau awan dengan tanah meumpuk maka akan terjadi pelepasan listrik yang kemudian menghasilkan sebuah petir.

Kenapa Petir dan Guntur Tidak Muncul Bersama?

Lalu, kenapa guntur tidak datang secara bersamaan dengan petir? Sebelumnya, kita perlu mengetahui apa itu guntur. Menurut Metlink, yang kami lansir dari situs Kompas.com, guntur merupakan suara keras yang mengikuti kilatan petir. Guntur terjadi karena pemuaian udara secara tiba-tiba yang dipanaskan oleh petir, sehingga terdengarlah suara guntur yang menggelegar. Hal yang menjelaskan kenapa suara guntur tidak muncul secara bersamaan dengan kilatan petir karena perbedaan kecepatan suara dan kecepatan cahaya.

Petir merampat di udara dengan kecepatan cahaya yang sangat cepat, yakni kira-kira 299.000.000 meter per detik, sangat cepat bukan. Sedangkan kecepatan suara hanya berkisar 340 meter per detik. Bisa kita lihat berapa jauh perbedaannya, kecepatan cahaya kurang lebih merambat di udara lebih banyak 900.000 kali lipat dibandingkan kecepatan suara. Oleh karena itu, kilatan petir dan suara guntur tidak datang secara bersamaan.

Demikian artikel tentang Kepikiran Tidak? Kenapa Petir dan Guntur Tidak Datang Bersama. Untuk Sahabat Niagakita, jangan lupa untuk mengikuti kami di Facebook Niagakita dan mengunjungi website kami untuk mendapatkan artikel-artikel yang menarik setiap harinya. Kami juga menjual berbagai macam alat-alat pertanian seperti genset, traktor, diesel dan sparepart.

Salam, Niagakita!

Referensi : Kompas.

Kunjungi Kami di :

Website     : Niagakita     |     Bukalapak   : Niagakita     |     Tokopedia   : Niagakita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *