WeCreativez WhatsApp Support
Silakan Pilih Tim Support Kami sesuai Kebutuhan Anda, Dengan Senang Hati Kami Melayani Anda.
Hi, how can I help?

Catat! 5 Sayuran ini Bisa Kamu Tanam di Musim Hujan

hujan.

Halo, Sahabat Niagakita!

Bercocok tanam merupakan kegiatan yang menyenangkan. Kegiatan bercocok tanam dapat dilakukan di berbagai media, mulai dari di sawah, kebun, pekarangan hingga di polybag. Tentu dalam menanam sayuran, perlu diperhatikan tanaman apa yang hendak ditanam. Apalagi di musim penghujan seperti sekarang ini, agar tanaman yang ditanam tidak layu, maka perlu dicari tanaman apa saja yang cocok di musim hujan. Serperti yang akan kami bahas di bawah ini.

Tanaman yang Cocok di Musim Hujan

Daun Bawang

Daun bawan berguna untuk berbagai macam masakan. Nah, tanaman ini ternyata cocok ditanam di musim hujan, dengan curah hujan di antara kisaran 1.500 sampai dengan 2.000 mm/tahun. Untuk menanam daun bawang juga tidak dibutuhkan lahan yang luas, kamu bahkan bisa menanamnya di pekarangan rumah bahkan di polybag sekalipun. Agar daun bawang bisa tumbuh maksimal, dibutuhkan suhu sekirar 18-25 derajat celsius dengan tingkat keasaman tanah sekitar pH 6.5 sampai dengan 7.5.

Seledri

Sama halnya dengan daun bawang, seledri juga cukup sering digunakan sebagai bahan masakan. Memiliki nama latin Apium graveolens L, seledri bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan karena rendahnya kalori yang ada pada seledri.

Meskipun cocok ditanam di musim hujan, sebenarnya seledri termasuk tanaman yang tidak membutuhkan banyak air. Bahkan seledri rentan busuk bila terkena air hujan secara berlebihan. Oleh karena itu, bagi kamu yang tetap ingin menanam seledri, bisa disiasati dengan menanamnya di akhir musim hujan. Bisa juga dengan menanamnya di polybag sehingga bisa kamu pindahkan terlebih dahulu bila turun hujan yang deras.

Bayam

Apa yang kamu ingat ketika mendengar kata bayam? Mungkin sebagian dari kamu akan ingat salah satu serial kartun Popeye, dimana ia sangat gemar memakan daun bayam untuk menambah kekuatannya. Nah, ternyata bukan sekedar hanya di kartun saja lho! Bayam ternyata memiliki berbagai macam vitamin, salah satunya vitamin K yang dapat merubah protein matriks tulang serta meningkatkan penyerapan kalsium sehingga baik untuk tulang.

Karena manfaat bayam tersebut, banyak masyarakat yang gemar bercocok tanam menanam tanaman ini, tak terkecuali di musim penghujan. Untuk bisa mendapatkan hasil terbaik, sebelum menanamnya ada baiknya kamu membuat bedengan tanah yang gembur. Bisa juga dengan menambahkan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Bayam juga dapat ditanam di pekarangan rumah, bahkan di polybag sekalipun dengan diameter minimal 30 cm.

Kangkung

Kangkung merupakan sayuran yang identik membuat orang yang mengonsumsinya menjadi mudah mengantuk. Terlepas itu mitos atau fakta, ternyata kangkung memiliki berbagai macam manfaat lho. Dalam sayur kangkung, terdapat kandungan zat besi, protein, karbohidrat serta beberapa vitamin yang tentunya baik untuk tubuh.

Kangkung biasanya ditanam di sawah maupun kebun dengan air yang cukup. Dikarenakan kangkung membutuhkan banyak air, maka tanaman ini sangat cocok untuk ditanam di musim hujan. Kangkung bisa dibudidayakan di berbagai media, mulai sawah, pekarangan hingga ditanam di polybag sekalipun.

Selada

Selada biasanya dijadikan sebagai bumbu pelengkap masakan. Mulai dari masakan berat seperti sayur atau lodeh, selada juga dapat dijadikan pelengkap burger maupun lalapan. Selada cocok ditanam di dataran yang tinggi dengan suhu udara mulai 15 hingga 20 derajat celcius dengan pH tanah di antara 5 sampai 6.5. Selada sebenarnya tidak terlalu tahan dengan air yang banyak, sehingga ada baiknya untuk menanamnya di akhir musim penghujan.

Demikian artikel tentang Catat! 5 Sayuran ini Bisa Kamu Tanam di Musim Hujan. Untuk Sahabat Niagakita, jangan lupa untuk mengikuti kami di Facebook Niagakita dan mengunjungi website kami untuk mendapatkan artikel-artikel yang menarik setiap harinya. Kami juga menjual berbagai macam alat-alat pertanian seperti genset, traktor, diesel dan sparepart.

Salam, Niagakita!

Kunjungi Kami di :

Website     : Niagakita     |     Bukalapak   : Niagakita     |     Tokopedia   : Niagakita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *