WeCreativez WhatsApp Support
Silakan Pilih Tim Support Kami sesuai Kebutuhan Anda, Dengan Senang Hati Kami Melayani Anda.
Hi, how can I help?

Asal-usul Makanan Pecel serta Cara Membuatnya

pecel

Halo, Sahabat Niagakita!

Pecel merupakan makanan khas yang ada di daerah Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta dan Jawa Timur, yang terdiri dari campuran sayur-sayuran yang dibumbui sambal kacang. Karena pecel tersebar luas di beberapa wilayah di pulau Jawa, mengakibatkan munculnya beragam jenis pecel, diantaranya pecel madiun, pecel ponorogol, pecel kecombrang, pecel punten, pecel pincuk dan lain sebagainya.

Pecel biasanya disajikan dengan ditemani aneka gorengan seperti bakwan, tempe goreng atau mendoan, tahu isi dan peyek. Untuk mendapatkan makanan yang penuh gizi ini, dapat dengan mudah mencarinya di pasar-pasar tradisional maupaun di warung makan pinggir jalan.

Mengutip dari laman Good News from Indonesia, konon pecel berasal dari kata dipecel yang berarti diperas airnya. Masih mengutip laman yang sama, diketahui dalam Babad Tanah Jawi disebutkan bahwa awalnya pecel dihidangkan oleh Ki Gede Pamanahan kepada Sunan Kalijaga ketika ia bertemu di pinggiran sungai. Ketika Ki Gede Pamanahan memberikan makanan yang terbuat dari aneka sayuran ini, Sunan Kalijaga pun bertanya makanan apa ini? Karena masih asing baginya. Lalu, Ki Gede Pamanahan menjawab dengan bahasa Jawa “Puniko ron ingkang dipun pecel” atau bila diterjemahkan ke dalam bahasa jawa kurang lebih seperti ini “Ini adalah daun atau sayuran yang telah direbus dan diperas airnya”.

Nah itu dia sejarah singkat dari pecel. Bila kamu ingin mencoba membuat masakan ini caranya sangat gampang. Berikut kami lampirkan resep membuat pecel yang kami sunting dari situs Cookpad.com.

Resep Membuat Pecel Sederhana

Bahan Utama

– 1 ikat kacang panjang.

– 1 ikat bayam.

– 1 ikat wortel.

– 1 bungkus toge.

– Cabe rawit 13 buah (sesuai selera).

– 15 siung bawang putih.

– 4 lembar daun jeruk.

– 1/2 sdm asam jawa

– Kencur.

– Kacang tanah.

– Bumbu pecel.

– 100 gram gula jawa (sesuai selera).

– Garam secukupnya

Cara Membuat

– Rebus semua sayuran, kemudia tiriskan dan diamkan.

– Untuk membuat bumbu pecel, goreng bawang putih, kacang tanah dan daun jeruk hingga matang.

– Haluskan bawang putih, kacang tanah dan daun jeruk, kemudian diaduk hingga rata, tuangkan air asam jawa, gula dan garam sambil diaduk hingga tercampur rata.

– Ambil secukupnya bumbu pecel lalu beri air secukupnya, aduk sampai rata.

– Tata sayuran di piring, kemudian siram sayuran tersebut dengan bumbu pecel.

Demikian artikel tentang Asal-usul Makanan Pecel serta Cara Membuatnya. Untuk Sahabat Niagakita, jangan lupa untuk mengikuti kami di Facebook Niagakita dan mengunjungi website kami untuk mendapatkan artikel-artikel yang menarik setiap harinya. Kami juga menjual berbagai macam alat-alat pertanian seperti genset, traktor, diesel dan sparepart.

Salam, Niagakita!

Kunjungi Kami di :

Website     : Niagakita     |     Bukalapak   : Niagakita     |     Tokopedia   : Niagakita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *