Silakan Pilih Tim Support Kami sesuai Kebutuhan Anda, Dengan Senang Hati Kami Melayani Anda.

PENGERTIAN, KOMPONEN DAN JENIS BEARING

PENGERTIAN, KOMPONEN DAN JENIS BEARING 1

Pengertian Bearing

PENGERTIAN, KOMPONEN DAN JENIS BEARING 7

Bearing dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai bantalan, sering juga disebut dengan istilah laher. Bearing adalah sebuah komponen mekanika yang berfungsi untuk membatasi gerak relatif antara dua atau lebih komponen mesin agar selalu bergerak pada arah yang diinginkan. Bearing menjaga poros (shaft) agar selalu berputar terhadap sumbu porosnya, atau juga menjaga suatu komponen yang bergerak linier agar selalu berada pada jalurnya. Bantalan harus cukup kuat untuk memungkinkan poros serta elemen mesin lainnya bekerja dengan baik. Bearing dipasang pada as roda dan ditempat-tempat yang berputar lainnya.

Bearing atau laher adalah komponen sebagai bantalan untuk membantu mengurangi gesekan peralatan berputar pada poros/as. Bearing atau laher ini biasanya berbentuk bulat. Bearing di mobil dipasang pada as roda dan ditempat-tempat yang berputar lainnya. Tujuan dari bantalan balock untuk mengurangi gesekan rotasi dan mendukung radial dan aksial beban.

Komponen pada Bearing

PENGERTIAN, KOMPONEN DAN JENIS BEARING 8

Bearing didesain agar simpel dan tahan lama, karena biasanya bearing ada di posisi yang tidak terlihat, sehingga tidak bisa selalu diakses untuk perawatan. Secara umum, bearing terdiri dari:

  1. Dua buah ring atau cincin dengan jalur (raceway). Ada ring luar (outer ring) dan ring dalam (inner ring), yang berfungsi untuk menahan bola tetap berputar di tempat yang sama. Terbuat dari material keras, seperti baja atau chrome, yang kekuatannya mempengaruhi beban yang diterima dan masa pakainya. Keramik dan plastik juga kadang dipakai, walaupun lebih ringan, tetapi plastik bukan untuk bearing yang akan bekerja di temperatur dan tekanan tinggi.
  2. Komponen yang berputar atau bergulir. Bisa berbentuk bola, roller atau silinder, cone atau needle yang keras. Bahan khusus seperti keramik dan plastik juga ada.
  3. Cage atau sarang atau rumah. Fungsinya untuk menjaga bola/silinder pada tempatnya dan tidak saling bertabrakan atau bergesekan satu dengan yang lain.
  4. Seal atau penutup. Ada yang pakai ada yang tidak, fungsinya untuk menutup agar pengotor tidak masuk ke dalam bearing, dan menjaga pelumas tetap bersih.

Jenis Bearing

Bearing (Bantalan) banyak jenis macamnya, mulai dari bantalan bola ( ball bearing), bantalan jarum (needle bearng), bantalan gesek dan lain sebagainya. Jenis-jenis Elemen Laher (Roll Bearing) Ada 5 jenis rolling-elemen yang digunakan di bantalan (bearing):

  1. Bola (Ball Bearing)

PENGERTIAN, KOMPONEN DAN JENIS BEARING 9

Bantalan bola menggunakan bola untuk membawa beban yang diterapkan. Karena ada titik kontak (dibandingkan dengan kontak line untuk bantalan tol [Roll Bearing]) beban daya dukung lebih rendah dari pada bantalan rol [Roll Bearing]. Bantalan rol dapat mendukung kedua Radial (Tegak Lurus pada poros) dan Aksial beban (Parelel ke poros). Untuk bantalan ringan dimuat, bola menawarkan gesekan lebih rendah dari rol. Self-menyelaraskan bantalan bola juga dapat beroperasi ketika cincin bantalan sejajar. Bantalan bola yang paling umum adalah bantalan bola dalam alur. Bola presisi biasanya lebih murah untuk menghasilkan dari pada bentuk seperti rol, dikombinasikan dengan volume tinggi penggunaan, bantalan sering jauh lebih murah daripada bantalan lain dari dimensi yang sama.

  1. Rol Silinder (Cilindrical Roller)

PENGERTIAN, KOMPONEN DAN JENIS BEARING 10

Bantalan rol umum menggunakan silinder dengan panjang sedikit lebih besar dari diameter. Bantalan rol biasanya memiliki kapasitan beban lebih tinggi di bawah beban tegak lurus ke arah didukung primer. Jika ras di dalam dan di luar tidak sejajar, daya dukung sering turun dengan cepat dibandingkan dengan baik bantalan bola atau bantalan rol bola. Bantalan rol dikenal sejak 40 SM.

  1. Rol Jarum (Needle Roller)

PENGERTIAN, KOMPONEN DAN JENIS BEARING 11

Bantalan rol jarum menggunakan silinder yang sangat panjang dan tipis. Seringkali ujung lancip ke titik, dan ini digunakan untuk menjaga rol captive, atau mereka mungkin hemispherical dan tidak captive tapi dipegang oleh poros sendiri atau pengaturan yang sama. Karena rol tipis, diameter luar bantalan ini hanya sedikit lebih besar dari lubang di tengah, Namun, berdiameter kecil tol harus menekuk tajam dimana mereka menghubungi ras, dan dengan demikian bantalan eragam relatif cepat.

  1. Rol Tirus (Tapered Roller)

PENGERTIAN, KOMPONEN DAN JENIS BEARING 12

Bantalan tirus menggunakan rol kerucut yang berjalan pada as kerucut. Bantalan rol kebanyakan hanya mengambil beban radial atau aksial, tetapi bantalan rol tirus mendukung beban radial dan aksial, dan umumnya dapat membawa beban lebih tinggi dari bantalan bola karena bidang kotak yang lebih besar. Taper bantalan rol yang digunakan, misalnya, sebagai bantalan roda dari kendaraan darat yang paling roda. Kerugian untuk bantalan ini adalah bahwa karena kompleksitas manufaktur, bantalan rol tirus biasanya lebih mahal dari pada bantalan bola, dan selain itu di bawah beban berat rol tirus seperti irisan dan beban bantalan cenderung mencoba untuk mengeluarkan roller, kekuatan dari kerah yang menjaga roller di bantalan menambah gesekan bantalan dibandingkan dengan bantalan bola.

  1. Rol Bulat

PENGERTIAN, KOMPONEN DAN JENIS BEARING 13

Bantalan rol bulat memiliki cincin luar dengan bentuk bulat internal. Rol lebih tebal ditengah dan tipis di ujungnya. Bantalan rol bola sehingga dapat menyesuaikan untuk mendukung kedua misalignment statis dan dinamis. Namun, rol bola sulit untuk diproduksi sehingga harganya menjadi mahal, dan bantalan memiliki gesekan lebih tinggi daripada bantalan rol silinder yang ideal atau meruncing karena ada sejumlah geser antara elemen rolling dan cincin.

 

Info selanjutnya klik niagakita.id

 

Bearing UCP ( HBF )

Rp 47,500Rp 135,000

Bearing UCP ( HBF )

SKU: N/A Kategori:
Baca selengkapnya

Bearing UCP ( BME )

Rp 42,000Rp 175,000

Bearing UCP ( BME )

SKU: N/A Kategori:
Baca selengkapnya

Bearing UCF ( BME )

Rp 42,000Rp 227,500

SKU: N/A Kategori: Tag: , , , ,
Baca selengkapnya

Ball Bearing BME

Rp 4,200Rp 24,100

Ball Bearing BME

SKU: N/A Kategori:
Baca selengkapnya

Ball Bearing HIC

Rp 4,900Rp 31,400

Ball Bearing HIC

SKU: N/A Kategori:
Baca selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *